Kamis, 19 Februari 2009

Hipotesis

Hipotesis
Hipotesis merupakan dugaan atau jawaban sementara terhadap masalah yang kita hadapi. Dalam melakukan penelitian untuk mendapatkan jawaban yang benar maka seorang ilmuan seakan-akan melakukan sesuatu “ introgasi terhadap alam”. Hipotesis dalam hubungan ini berfungsi sebagai petunjuk jalan yang memungkinkan kita untuk mendapatkan jawaban, karena alam itu sendiri membisu dan tidak responsive.

Rumusan Hipotesis ditemukan setelah merumuskan preposisi. Perlunya hipotesis dalam penelitian : Sebagai piranti kerja teori, Hipotesis dapat diuji dan ditunjukkan kemungkinan salahnya, alat yang besar dayanya untuk memajukan pengetahuan karena membuat ilmuan dapat keluar dari dirinya.

Guna Hipotesis

a. Mengarahkan penelitian
Misalnya relasi dan hubungan yang diungkapkan dalam hipotesis akan memberi tahukan hal-hal yang harus dilakukan oleh peneliti.
b. Masalah dan hipotesis membuat peneliti mampu mendeduksi manifestasi empiris tertentu yang tercakup dalam masalah serta hipotesis itu, karena masalah dan hipotesis pada umumnya merupakan pernyataan relasional.

Cara-cara Merumuskan Hipotesis
Tidak ada cara perumusan Hipotesis secara baku. Penulis menyarankan sebagai berikut:
a. Hipotesis hendaklah menyatakan pertautan antara dua variabel atau lebih.
b. Hipotesis hendaklah dinyatakan dalam kalimat deklaratif atau pernyataan.
c. Hipotesis hendaklah dirumuskan secara jelas dan padat.
d. hipotesis hendak lah dapat diuji, artinya hendaklah orang mungkin mengumpulkan data guna menguji kebenaran hipotesis tersebut.

3. Macam-macam Hipotesis
a. Hipotesis Nol (null hypotheses) disingkat Ho.
Hipotesis nol sering juga disebut hipotesis statistik, karena biasanya dipakai dalam penelitian bersifat statistik, yaitu diuji dengan hitungan statistik.
Hipotesis nol menyatakan tidak adanya perbedaan antara dua variabel, atau tidak adanya pengaruh variabel X dan Variabel Y. maksud nya nol adalah atau nihil dapat dimengerti dengan mudah karena tidak adanya perbedaan antara dua variabel.

Rumusan Hipotesis Null.
Di bawah ini beberapa contoh perumusan Hipotesis berasal dari skripsi mahasiswa.
1) Tidak ada perbedaan antara ….. dengan …..
Tidak ada perbedaan yang signifikan antara intelligensi dan kreativitas siswa reguler dengan kelas extensi.
2) Tidak ada hubungan yang bermakna antara trait extra version dengan Komitmen pada dosen Universitas Negeri Jakarta.
3) Tidak ada pengaruh ….. terhadap ……..
Tidak ada pengaruh program akselerasi terhadap kecerdasan emosional siswa berbakat pada kelas akselerasi.



b.Hipotesis Kerja disebut dengan hipotesis Alternatif yang disingkat dengan Ha. Hipotesis kerja menyatakan hubungan antara Variabel X dan Y, atau adanya perbedaan antara dua kelompok.

Rumusan Hipotesis Kerja
a. Ada perbedaan antara ….dan …
b. Ada pengaruh …. Terhadap …..
Adanya saling hubungan antara satu Variabel atau lebih atau menyatakan adanya perbedaan dalam hal tertentu pada kelompok-kelompok yang berbeda. Pada umumnya, kesimpulan uji statistik berupa penerimaan hipotesis alternatif sebagai hal yang benar.

1 komentar:

wardah mengatakan...

iTugas penelitian
Nama Tiara Zahira
Fakultas Bahasa terpadu
Jurusan Bahasa Inggris

Metode Penelitian.


 Penelitian adalah terjemahan dari kata Inggris research. Dari itu, ada juga ahli yg menerjemahkan research sebagai riset. Research itu berasal dari kata re,yang berarti kembali dan to search yang berarti mencari. Dengan demikian,arti sebenarnya dari research atau riset adalah mencari kembali.
 Penelitian adalah pencarian atas sesuatu(inquiry) secara sistematis dengan penekanan bahawa pencarian ini dilakukan terhadap masalah-masalah yang dapat dipecahkan. (Parsons,1946 )
 Penelitian merupakan sebuah metode untuk menemukan kebenaran yang juga merupakan sebuah pemikiran kritis (critical thingking). Penelitian meliputi pemberian definisi dan redefinisi terhadap masalah,memformulasikan hipotesis atau jawaban sementara, membuat kesimpulan dan sekurang-kurangnya mengadakan pengujian yang hati-hati atas semua kesimpulan untuk menentukan apakah ia cocok dengan hipotesis.
 Penelitian adalah suatu penyelidikan terorganisasi.

Penelitian dapat dibagi atas 2 jenis: a)P.dasar b) P.terapan

P. Dasar : adalah pencarian terhadap sesuatu karena ada perhatian dan keingintahuan terhadap hasil suatu aktivitas.
P. Terapan : penyelidikan yang hati-hati,sistematik dan terus menerus terhadap suatu masalah dengan tujuan untuk digunakan dengan segera untuk keperluan sesuatu.

Penelitian di bagi oleh Crawford(1928) atas 14 jenis :
1. eksperimen
2. sejarah
3. psikologis
4. case study
5. survey
6. mbuat kurikulum
7. analisis pekerjaan
8. interview
9. questionair
10. observasi
11. pengukuran
12. statistic
13. table dan grafik
14. teknik perpustakaan